Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pergi Umrah Bersama Ust.Syam

 


Keutamaan Umroh – Ibadah umroh adalah salah satu ibadah sunnah yang sangat diidam-idamkan oleh umat islam. Ibadah ini memerlukan pengorbanan yang cukup banyak, mulai dari waktu, tenaga, biaya, persiapan, dan sebagainya. Karena, layaknya haji, ibadah umroh hanya dapat dilakukan di tanah suci, yakni Makkah.

Namun, meski memerlukan pengorbanan, peminat ibadah umroh ternyata tak surut. Bahkan, semakin banyak dari tahun ke tahun. Apa sebabnya? Hal ini karena umroh memiliki keutamaan-keutamaan yang membuat umat islam rindu untuk menunaikan umroh, setidaknya sekali dalam seumur hidupnya.

3.jpegSetidaknya, ada 10 keutamaan umroh yang bisa kita peroleh jika mau melaksanakan ibadah haji kecil ini ke Baitullah. Apa saja keutamaan tersebut? Mari kita simak ulasannya satu per satu dalam artikel berikut ini.


KEUTAMAAN UMROH SEBAGAI PENGHAPUS DOSA

Seperti yang disebutkan dalam hadits Rasulullah, umroh adalah penghapus dosa bagi yang melaksanakannya.

Dari Abu Hurairah, ia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

الْعُمْرَةُ إِلَى الْعُمْرَةِ كَفَّارَةٌ لِمَا بَيْنَهُمَا ، وَالْحَجُّ الْمَبْرُورُ لَيْسَ لَهُ جَزَاءٌ إِلاَّ الْجَنَّةُ

“Antara umrah yang satu dan umrah lainnya, itu akan menghapuskan dosa di antara keduanya. Dan haji mabrur tidak ada balasannya melainkan surga.” (HR. Bukhari no. 1773 dan Muslim no. 1349).

Dari hadits tersebut kita meyakini bahwa dari satu ibadah umroh ke ibadah umroh yang lain merupakan penghapus dosa-dosa kita. Keutamaan inilah yang selalu diharapkan jamaah.

Karena kita sebagai manusia tentunya ingin kembali ke kampung akhirat dalam kondisi bersih dari dosa-dosa. Sehingga kita bisa terhindar dari panasnya api neraka.


MENYIRNAKAN KEFAKIRAN

Keutamaan berikutnya cukup menarik bagi jamaah yang ingin berumroh, yakni umroh dapat menyirnakan kefakiran. Siapa sih, yang tidak ingin terbebas dari kefakiran? Semua orang pasti ingin hidup makmur berkecukupan di dunia ini.

Dari Abdullah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

تَابِعُوا بَيْنَ الْحَجِّ وَالْعُمْرَةِ فَإِنَّهُمَا يَنْفِيَانِ الْفَقْرَ وَالذُّنُوبَ كَمَا يَنْفِى الْكِيرُ خَبَثَ الْحَدِيدِ وَالذَّهَبِ وَالْفِضَّةِ وَلَيْسَ لِلْحَجَّةِ الْمَبْرُورَةِ ثَوَابٌ إِلاَّ الْجَنَّةُ

“Ikutkanlah umrah kepada haji, karena keduanya menghilangkan kemiskinan dan dosa-dosa sebagaimana pembakaran menghilangkan karat pada besi, emas, dan perak. Sementara tidak ada pahala bagi haji yang mabrur kecuali surga.” (HR. An Nasai no. 2631, Tirmidzi no. 810, Ahmad 1/387. Kata Syaikh Al Albani hadits ini hasan shahih)

Umroh adalah ibadah yang membutuhkan biaya yang cukup banyak, antara 20-45 juta rupiah, tergantung paket umroh apa yang Anda ambil di travel umroh. Dengan biaya sebesar itu, umumnya orang mengira bahwa harta mereka akan habis jika dipakai umroh.

Kenyataannya, belum pernah ada cerita orang yang jatuh miskin setelah pergi umroh. Yang ada, justru cerita-cerita tentang orang yang semakin lancar rezekinya sepulang dari umroh. Hal ini sesuai dengan janji Allah yang akan melipatgandakan pahala bagi orang yang berumroh.

Jika Allah sudah memberikan pahala tanpa batas, maka rezeki di dunia sungguh mudah Allah berikan kepada hamba-Nya yang mau menunaikan ibadah umroh.


Posting Komentar untuk "Pergi Umrah Bersama Ust.Syam"