Pengobatan Hati Alternatif Di Klinik Hati
Setiap anggota tubuh manusia diciptakan untuk fungsinya masing-masing. Bila ada yang rusak, maka kerja dan fungsinya akan terganggu, atau tidak berfungsi sama sekali. Bila mata rusak, penglihatan pun terganggu, atau menjadi buta. Begitu pula dengan anggota lainnya, misalnya mulut, hitung, telinga dan lain sebagainya. Termasuk pula bila seseorang terserang penyakit hati. Bila hati terjangkit penyakit maksiat, penyakit yang menjauhkannya dari Allâh Azza wa Jalla, maka hati tidak bisa menjalankan fungsi kerjanya. Ia tidak bisa menghadirkan amalan-amalan untuk ibadah kepada-Nya. Ia akan jauh dari mengenal Allâh Azza wa Jalla . Penyakit hati adalah penyakit yang sangat berbahaya, dan terkadang si penderita tidak bisa merasakannya. Kalaupun ia merasakannya, namun susah baginya untuk bersabar dalam mengobatinya. Karena obat sakit hati adalah dengan melawan hawa nafsunya. Dan ini hal yang memerlukan pengorbanan besar.
Keberadaan hati yang selamat merupakan hati yang mendatangkan apa yang kita miliki menjadi bermanfaat, dapat mensukseskan diri kita selamat dari siksa atau deritanya kehidupan, dan memiliki pahala yang banyak. Hati yang selamat maksudnya adalah selamat dari kesyirikan, keragu-raguan, dan cinta kejahatan serta cendrung berbuat sesuatu yang bid‟ah dan mengandung dosa. Dalam Al-Quran banyak menempatkan kata hati dengan jiwa, yang maksud tujuannya juga merupakan sebagai pengendali kehidupan manusia dalam bertingkah laku. Apabila manusia memberikan keilmuan dan keimanan bagi jiwa atau hatinya.
Assalamualaikum Wr. Wb.
Dengan ridho Allah Swt., maka ia akan selamat dengan kebaikan. Akan tetapi bila kosong dari keilmuan dan keimanan, maka ia akan tersesat dengan tingkah laku keburukan. Maka sambutlah Kitab Allâh Azza wa Jalla dan Sunnah Nabi Shallallahu‘alaihi wa sallam dengan penuh antusias, agar kita bisa menyembuhkan hati kita; agar kita mendapat kesembuhan dan juga rahmat-Nya. Dalam Al-Quran dan Sunnah terdapat cahaya dan petunjuk; terdapat ruh dan kehidupan; yang membentengi dari syetan dan godaannya.
Mengenai hati manusia, bisa diklasifikasikan dalam tiga kategori:
1. HATI YANG BERSIH
yaitu yang selamat dari berbagai penyakit dan kerusakan. Dalam hati ini tidak terdapat di dalamnya selain kecintaan kepada Allâh dan takut kepada-Nya. Hatinya selalu takut akan hal-hal yang bisa menjauhkannya dari Allâh Azza wa Jalla . Ia adalah hati yang khusyuk, yang hidup, dan senantiasa sadar akan tujuan dirinya ada di bumi.
2. HATI YANG MATI
tak ada kehidupan di dalamnya. Ia tidak mengenal Rabbnya, tidak pula beribadah menyembah-Nya. Ia hidup mengikuti hawa nafsu dan kesenangan belaka, meskipun itu mengundang murka Allâh. Ia tidak menghiraukan nasihat yang diberikan. Ia justru mengikuti seruan syetan dan bujuk rayunya.
3. HATI YANG SAKIT
Hati ini sebenarnya menyimpan energi, menyimpan kehidupan, akan tetapi telah bersarang penyakit dalam hati ini. Terkadang ia bisa lebih dekat kepada keselamatan, bisa pula ia lebih dekat pada kebinasaan.
Penjelasan tentang beberapa metode terapi terhadap orang-orang yang sedang mengalami problem kejiwaan termasuk perasaan cemas, frustasi dan ketakutan dalam menghadapi kehidupan yang di jalani.
1.Metode terapi dengan pendekatan keyakinan dimaksudkan agar ada hubungan spiritual kita dengan mendekatkan diri kepada Allah membersihkan hati dari kotoran-kotoran duniawi yang membuat hati gelisah, cemas dan berbagai penyakit kejiwaan lain.
2.Metode memperbanyak wasilah (membaca surat al-fatihah) kepada Allah. Jadi ada ketergantungan kepada otoritas yang dianggap dan diyakini memiliki kualitas hidup yang lebih baik dan dapat ditiru. Secara psikis, hal ini menciptakan ilusi positif, bahwa ada pihak lain yang selalu berusaha membantu menyelesaikan permasalahn kehidupan yang sedang dia jalani. menyelesaikan permasalahn kehidupan yang sedang dia jalani.
3.Metode berkonsertrasi dan hanya mengingat dan melafadzkan kata Allah, berarti ada model relaksasi dengan menanggalkan semua masalah yang dihadapi dengan menyandarkan pada kekuatan dan kekuasaan metafisik-supranatural Allah SWT.
4.Metode memperbanyak mandi besar pada malam hari. Oleh karena itu, psikoterapipada dasarnya bertujuan mengubah pikiran orang-orang yang mengalami gangguan kejiwaan tentang diri mereka, orang lain ,kehidupan, dan masalah-masalah sebelumnya yang menjadi penyebab kecemasan yang dia alami. Dari sinilah maka mengubah pikiran merupakan langkah pertama dan utama untuk mengubah kepribadian dan perilaku.
Dalam psikoterapi semacam ini, dapat diketahui bahwa penyembuhan seorang pasien tidak cukup hanya dengan mengetahui hakikat permasalahannya, mengubah pikiran terhadap permasalahan tersebut, serta mengubah cara pandang terhadap diri dan kehidupannya saja, akan tetapi yang menjadi hal penting juga adalah bagaimana si penderita gangguan kejiwaan itu dapat melewati pegalaman baru dalam hidup degan menerapkan pikiran-pikiran baru tentang dirinya dan orang lain. Dia juga harus dapat melihat bahwa perilaku barunya tersebut dapat menunjukkan keberhasilan dalam perubahan kualitas kehidupannya. Sehingga dari sini, melatih secara aktif perilaku baru yang muncul dari pikiran-pikiran baru serta berbagai harapan keberhasilan yang dapat dicapai akan mengikibatkan perubahan besar dalam perilaku dan kepribadian individu untuk taraf penyembuhan.
Dalam psikoterapi dengan media ayat-ayat al- qur'an sebagaimana terjadi di klinik hati, seorang yang mengalami kecemasan dibiasakan bertasbih, berdzikir atau berdo'a dengan menggunakan ayat - ayat al-Qur'an, yang dari sini akan dapat membantu relaksasi dan ketenangan jiwa.
Dalam berdo'a, seorang bermunajat kepada Tuhannya seraya memanjatkan keluhan dan penderitaan hidup yang dialami yang kesullitan-kesulitan ini sangat mengganggu dan membuatnya gelisah dan cemas, untuk kemudia memohon agar Allah SWT memberikan pertolongan dan jalan keluar terhadap semua persoalan yang menimpa seseorang.
Kalau dicermati, sekedar mengungkapkan problem yang mengganggu dan membuat cemas kepada orang lain saja dapat mengurangi perasaan cemas karena dapat tercipta kondisi relaksasi pada diri seseorang yang sangat berlawanan dengan kecemasan, apalagi luapan perasaan ini ditujukan kepada sang pencipta masalah, Allah SWT, dengan berdo'a dan bermunajat secara rutin, yang biasanya diiringi ritual shalat, pastilah hal ini jauh lebih dapat menciptakan kondisi relaksasi pada diri seseorang.
Keberadaan hati yang dijelaskan oleh hati dalam wacana keilmuan Islam yang dikutip dari sumber Islam, yaitu Al-Quran dan Al-Hadis dapat memberi pemahaman yang benar dan kehati-hatian bagi masyarakat dalam menggunakan dan menjaga hati tersebut dalam diri manusia. Pemahaman ini akan mengantarkan kebenaran dalam mewujudkan ketenagan diri tanpa terjadi lagi kontradiksi dalam mempertahankan mana yang benar dan tidak dari persepsi-persepsi yang hadir selama ini yang tidak memiliki sumber dari Al-Quran dan Al-Hadis.
Telah lulus uji coba praktek pengobatan alternatif medis dan non medis kami disini Klinik Hati memberikan pelayanan terapi dan motivasi kepada pasien.
Nah, demikianlah ulasan lengkap yang bisa kami berikan kali ini mengenai pengobatan hati. Agar anda mendapat menjaga hati dengan pemahaman atau memperoleh manfaat dari materi diatas, semoga senantiasa diberi izin atas nikmat dan berkah dari Allah SWT.
Semoga bermanfaat, Wallahu A'lam Bishowab.
Jika ingin mengetahui secara lebih terperinci lagi, bisa Anda konsultasikan kepada Ustadz Imam Teguh, Lc yang beralamatkan di Jalan Kinibalu No. 26 B / 42 Rt01/13 Kel.Sidanegara, Kec.Cilacap Tengah Kab.Cilacap JAWA TENGAH atau di nomor WA 082115411233
Waalaikumsalam Wr.Wb.
Posting Komentar untuk "Pengobatan Hati Alternatif Di Klinik Hati"